Download Source Code ERP - Softwere Penting Perusahaan


Download Source Code ERP - Softwere Penting Perusahaan | Sebelum menggunakan Softwere ERP berbasis PHP & MySQL ini, alangkah baiknya kita fahami terlebih dahulu apa itu ERP, fungsi dan keuntungan menggunakan ERP

1. Pengertian ERP 

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah paket sistem dan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis harian mereka, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan, produksi, proyek, SDM, dan-lain-lain. Sistem ini dapat memfasilitasi bisnis dengan informasi real-time dan akurat, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data yang dihasilkan. Dengan mengumpulkan data transaksi bersama dari berbagai sumber, sistem ERP mencegah duplikasi data dengan memberikan integritas data.
seperangkat software yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. ERP dulu lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar (enterprise), namun sekarang juga telah populer di kalangan UKM.

2. Jenis Perusahaan Yang Menggunakan ERP

Meskipun ERP pada awalnya dirancang untuk industri manufaktur, sekarang perangkat lunak ini telah berkembang ke berbagai sektor lainnya seperti jasa, pendidikan, ritel dan grosir, real estate, makanan dan minuman, kesehatan, dan bahkan pemerintahan.
Setiap perusahaan atau organisasi tentunya mengelola karyawan, membeli produk atau jasa, menjual atau mendistribusikan sesuatu, dan mencatat keuangan. ERP memungkinkan perusahaan dari segala industri untuk mengintegrasikan dan mengelola seluruh fungsi dasar tersebut.

3. Fungsi dan Keuntungan menggunakan ERP

Anda mungkin bisa membayangkan bagaimana ruwetnya jika anda seorang diri di bebankan tugas mengelola bukan hanya satu bidang pekerjaan namun beberapa pekerjaan sekaligus, misalnya anda harus memantau perkembangan dan membuat skor untuk prestasi kerja karyawan yang nantinya akan berpengaruh pada besar kecilnya gaji karyawan, mengelola produk bukan hanya tentang stok, harga, keuntungan per item, namun anda juga harus membuat penilaian tentang kualitas produk tersebut, belum lagi manajemen customer, laba rugi, utang dan piutang perusahaan. pekerjaan itu tidak mungkin dapat anda selesaikan sekaligus secara bersamaan.
dari situlah ERP di jadikan sebagai solusi untuk membantu membuat perhitungan dan keputusan yang akurat dalam waktu yang singkat dan mudah.
berikut ini adalah detail Fungsi dan Keuntungan menggunakan ERP :

a. Mengoptimalkan Efisiensi

Sistem ERP berfungsi menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga. Tugas-tugas kompleks seperti pengecekan inventaris, pembagian tugas ke karyawan, pemantauan jam kerja, penggajian, pembuatan laporan keuangan, semuanya dapat dilakukan secara otomatis.

Dengan berkurangnya pekerjaan manual, tim dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka tanpa harus mengganggu tim lainnya. Misalnya, tim marketing dapat memantau laporan web traffic harian tanpa harus memintanya dari tim IT, atau tim akuntansi dapat membuat laporan yang terkait dengan sales tanpa harus bergantung pada manajer penjualan.

ERP juga menyediakan akses data yang cepat bagi manajer dan pemangku kepentingan di perusahaan. Decision maker dapat memantau indikator kinerja utama di seluruh perusahaan hanya melalui dasbor. Seluruh data yang dibutuhkan dapat dihasilkan secara real time.

b. Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi antar-departemen merupakan bagian yang krusial dan sering diperlukan dalam bisnis. ERP software meruntuhkan dinding-dinding pembatas antara departemen. Dengan data yang dimasukkan ke dalam sistem ERP yang terpusat dan konsisten, satu departemen dapat mengakses data dari departemen yang lain. ERP SaaS atau yang berbasis Cloud dapat memperluas kolaborasi antar-tim yang ada di seluruh cabang perusahaan melalui internet.

c. Menghemat Biaya Operasional

ERP juga membantu perusahaan dalam menghemat biaya operasional. Karena sebagian besar aktivitas operasional diotomatiskan, maka berbagai gangguan, kendala, dan kerusakan dapat diantisipasi dengan baik. Seluruh pekerjaan kompleks dapat diselesaikan dengan lebih cepat sehingga ini dapat mengurangi lead time. Perusahaan juga dapat mengurangi biaya tenaga kerja, karena ERP mampu mengambil alih berbagai pekerjaan manual.

d. Meningkatkan Keamanan Data

ERP memiliki firewall dan kontrol pembatasan untuk mencegah pelanggaran data. Seluruh data disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik akses  dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya pun terjaga. Admin yang bertanggung jawab mengelola data perusahaan bisa memberikan hak akses terbatas kepada karyawan. Misalnya, manajer HR dapat menyembunyikan data-data penting hanya untuk dirinya dan para pemangku kepentingan sementara memberikan hak akses kepada karyawan untuk melihat data keuangan mereka masing-masing.

Admin juga dapat dengan cepat menghentikan akses karyawan yang diberhentikan dan memberikan hak akses kepada karyawan baru. Solusi ERP juga menunjukkan aktivitas pengguna, sehingga admin dapat dengan mudah mengidentifikasi tindakan yang tidak sah atau pola aktivitas yang mencurigakan dalam sistem.

e. Membuat Prakiraan Bisnis yang Akurat

Salah satu hal yang paling krusial bagi kemajuan bisnis adalah prakiraan (forecast) yang tepat. Pemangku kepentingan dalam perusahaan bergantung pada laporan untuk membuat prakiraan yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan yang mereka ambil. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi bisnis untuk mendapatkan laporan real-time, lengkap, dan konsisten. Solusi ERP bisa memfasilitasi semua itu.

Laporan dalam sistem ERP menggunakan filter dan analitik canggih yang bisa menyaring ketidakkonsistenan pada data. Sistem ini juga memastikan bahwa data yang diperoleh dihasilkan pada waktu yang sebenar-benarnya. Laporan bisnis yang akurat akan membantu pemangku kepentingan dalam menghasilkan keputusan yang terbaik bagi bisnis mereka.

4. Beberapa Alasan kenapa anda harus menggunakan ERP

anda akan sangat membutuhkan ERP jika sudah menemui kasus-kasus seperti di bawah ini :

  • Staf Anda menghabiskan terlalu banyak waktu pada tugas-tugas yang semestinya  sudah tidak dilakukan secara manual
  • Anda tidak memiliki akses cepat dan mudah ke data yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan bisnis
  • Anda bekerja sama dengan berbagai vendor atau supplier dari berbagai wilayah
  • Anda memiliki banyak aplikasi yang berbeda yang telah Anda terapkan untuk bisnis Anda selama bertahun-tahun, tetapi semuanya tidak saling terhubung satu sama lain
  • Anda tidak dapat memonitor tingkat inventaris Anda setiap hari
  • Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari informasi, mencoba meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dan mengintegrasikan berbagai fungsi dalam bisnis Anda
  • Staf Anda tidak dapat dengan mudah berkolaborasi atau berbagi informasi satu sama lain
  • Anda tidak dapat mengakses data dan informasi bisnis penting saat berada di luar kantor
  • Anda sering kali terlambat ketika mengatasi masalah; dengan kata lain, Anda tidak dapat bersikap proaktif dalam mengidentifikasi masalah dalam proses bisnis Anda
5. Tentang dan Fitur Source Code ERP - Softwere Penting Perusahaan

Source Code ERP - Softwere Penting Perusahaan ini di bangun menggunakan Framework Codeigniter dan Database MySQL, untuk style nya menggunakan framework css bootstrap4 sedangkan fitur-fiturnya Berikut ini kami akan sedikit kami gambarkan tentang Sofwere ERP :

Fitur wajib yang pertama adalah halaman Dashboard, halaman ini akan menampilkan sebagian ringkasan laporan dari beberapa fitur lainnya

Halaman Dashboard

Fitur Manajemen Perusahaan

compani list

Fitur Multi bahasa

Fitur multibahasa

Menambahkan lebih dari satu bahasa 

Edit Bahasa

Fitur Manajemen Suplier

Manajemen Suplier

Fitur Manajemen Produk

Manajemen Produk

Fitur Laporan Stok


Laporan Stok

Fitur Manajemen Invoice

Manajemen Invoice

Akurasi data sangat lah penting, kadang kita harus mempertimbangkan keamanan dan penyesuaian antara server lokal dan online, pada kasus ini fungsi yang tepat di gunakan adalah syncronisasi data, salah satu tombol akan aktif ketika ada data masuk pada salah satu server baik itu online maupun yang di localhost/ server pada komputer lokal..

Synchronisasi data

dan sebagai pelengkapnya adalah Backup dan restore data

Backup and restore data

Dan masih ada beberapa fitur dan fungsi lainnya yang bisa kita lihat pada dokumentasinya Disini atau bisa anda buka pada folder dokumentasi yang kami sertakan saat anda mendownload file ini, pada dokumentasi tersebut akan di jelaskan tentang cara instal dan user_guide/cara penggunaan aplikasi..

Jika masih ragu untuk mendownload Source Code ini, anda bisa Demo dan mencoba langsung Disini. dengan menggunakan data login

User : test@test.com
Password : 123456

Yang terakhir adalah link Download untuk mendapatkan Source Code ERP - Softwere Penting Perusahaan bisa di ambil Disini.

Note : Harap di Uji Coba dan di lakukan pengecekan data manual terlebih dahulu, sebelum benar-benar di gunakan pada perusahaan.

Sekian.. Semoga Bermanfaat ya..

2 Responses to "Download Source Code ERP - Softwere Penting Perusahaan"

  1. Terima kasih penjelasannya yang sangat menarik dan mudah dipahami. Artikel pendidikan dan pengetahuan untuk menambah wawasan anak.

    ReplyDelete
  2. Penjelasan yang sangat jelas dan mudah dipahami. Selain penggunaan sistem ERP, Anda juga dapat menggunakan Sistem POS sebagai sistem untuk memudahkan pengelolaan bisnis Anda.

    ReplyDelete