Aplikasi Sistem Login Sederhana dengan PHP & MySQLi

Aplikasi sistem login sederhana

Aplikasi Sistem Login Sederhana dengan PHP & MySQLi | Setelah mempelajari cara input data, tampil data, edit dan hapus data, sekarang kita akan membuat Aplikasi Sistem Login Sederhana dengan PHP & MySQLi..

Sistem login ini sangat penting, karena dalam setiap aplikasi selalu ada halaman tertentu yang tidak boleh di akses oleh setiap user, Nah.. untuk membatasi hak akses inilah kita membutuhkan sistem login, di mana yang memiliki user dan password yang di setujui saja yang boleh mengakses halaman tersebut.

Baiklah.. Mari kita coba terapkan pada aplikasi yang akan kita buat..

Pertama.. siapkan query database di bawah ini..



Lalu buat file koneksi.php dan masukkan script di bawah ini..



Selanjutnya kita buat halaman utama, di halaman utama ini kita akan membuat fungsi logika hanya yang sudah login saja yang boleh mengakses halaman ini, jika belum login makan akan di redirect ke halaman login..

sekarang buat halaman utama beri nama index.php, dan masukkan script di bawah ini..



Ketika user belum login maka akan di redirect ke halaman login, jadi kita sediakan halaman loginnya, buat file baru dengan nama login.php lalu masukkan script di bawah ini..



lalu cek di browser hasilnya akan seperti ini..

Halaman Login

Ketika data login di submit kita butuh action yang mengecek apakah user ter daftar atau tidak, jika tidak di halaman login sudah di sediakan link daftar untuk pendaftaran user baru, ketika link daftar di klik maka akan di redirect ke halaman registrasi user..

Disini kita akan menambahkan halaman registrasi user, buat lah file daftar.php lalu masukkan script di bawah ini..



Simpan dan cek di browser, hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini..

Form Registrasi user

setelah form user tersedia, buat file baru dengan nama input.php dan masukkan script di bawah ini..



Setelah registrasi user berhasil akan di redirect ke halaman login, saat user input data login berupa user dan password maka data tersebut akan di cek apakah user dan password terdaftar di database atau tidak, nah untuk bisa mengecek data tersebut kita buat file autentifikasi.php dan masukkaan script di bawah ini..



Sekarang cobalah untuk login, jika Username dan Password login tidak sama dengan Username dan Password  saat registrasi maka akan ada pemberitahuan Login Gagal seperti ini..

Pemberitahuan Login Gagal

Sebaliknya jika Username dan Password login sama maka login sukses dan akan di redirect ke halaman khusus, atau halaman utama yang di rahasiakan dalam hal ini adalah halaman index.php

Halaman khusus/Rahasia

Nah.. berhasil masuk deh, tapi setelah login kita akan menyediakan sistem logout agar session Username dan Password berakhir, nah kita buat file logout.php dan masukkan script berikut..



Setelah logout, tentu saja akan di redirect lagi ke halaman login..

Form Login


Untuk melihat hasil pembuatan Aplikasi Sistem Login Sederhana dengan PHP & MySQLi bisa di coba langsung melalui link Demo di bawah, dan Source Code Lengkapnya Juga sudah saya sertakan melalui Link Download di bawah ini..


Semoga Bermanfaat Yah..

Baca juga :
CRUD Sederhana dengan PHP & MySQLi
Aplikasi CRUD Sederhana Menggunakan Ajax Jquery & Modal Bootstrap

2 Responses to "Aplikasi Sistem Login Sederhana dengan PHP & MySQLi"